Thursday, May 5, 2011

Kiat Menghadapi UN 2011

Kiat Menghadapi UN 2011 - Tanpa disadari bahwa kini UN 2011 atau Ujian Nasional 2011 sudah di depan mata, mulai bulan depan khususnya bagi anak SD, SMP, maupun SMA akan segera menghadapi Ujian Nasional yang merupakan ujian akhir untuk menentukan apakah mereka bisa lulus atau tidak. Namun hendaknya tidak perlu dirisaukan terutama memang kita sudah rajin belajar karena tentu saja persiapannya sudah cukup matang untuk menghadapi UN 2011.


Silahkan anda membaca terlebih dahulu Jadwal UN 2011 sebelum anda nantinya menghadapi UN 2011, karena disini saya hanya ingin berbagi mengenai Kiat Menghadapi UN 2011 sehingga nantinya diharapkan anda bisa lulus ujian nasional 2011 setelah anda menerapkan beberapa kiat berikut ini.


1. Hadapilah ujian dengan tenang dan proporsional
Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang karena sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana menentukan strategi dan menjalaninya dengan senang.

2. Bersikaplah proaktif
Proaktif adalah suatu sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam menghadapi UN 2011. Yakinlah bahwa kerja keras dan usaha keras yang kita lakukan akan membuahkan hasil.

3. Buatlah rencana
Dari sekian banyak bahan pelajaran yang harus dipelajari dipilah-pilah antara bahan UN 2011 dari pusat dengan bahan ujian dari sekolah. Antara bahan kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga, pelajaran hitungan dan hafalan, sehingga dapat dipelajari dengan teratur dan sistematis.

4. Perbanyaklah baca dan latihan soal
Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh lembaga bimbingan belajar adalah para siswa banyak berlatih memecahkan soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dipecahkan dengan tepat. Dengan sering kita berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi UN 2011.

5. Belajar kelompok
Belajar kelompok merupakan salah satu cara yang dapat dipakai para siswa untuk berbagi dengan teman yang lain dalam memecahkan soal dan saling menguatkan motivasi belajar dan prestasi.

6. Efektifkan belajar di sekolah
Pada umumnya, para siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya dalam belajar, baru sebatas menghafal. Siswa juga masih kurang untuk bertanya, berdialog bahkan berdebat dengan gurunya. Padahal kemampuan bertanya salah satu upaya untuk memperkuat pemahamaman atau pengertian dan keterampilan belajar.

7. Mohon doa restu dari orang tua
Yakinlah bahwa jika kita lulus maka orang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah perjuangan menghadapi UN 2011 sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta.

Itulah tadi sedikit Kiat menghadapi UN 2011 untuk anda, jika anda mempunyai kiat tersendiri asalkan hal tersebut bisa dipertanggung jawabkan silahkan anda menambahkannya pada kolom komentar yang telah disediakan.

No comments:

Post a Comment