Wednesday, September 1, 2010

LORD OF WAR


Starring : Nicolas Cage, Bridget Moynahan, Jared Leto
Cage berperan sebagai Yuri Orlov, yang berprofesi sebagai seorang pedagang senjata gelap. Di sepanjang film, ia juga membawakan narasi tentang bagaimana perjalanan hidupnya hingga bisa menjadi seorang pedagang senjata gelap. Lewat ceritanya itu dia menjelaskan secara mendetail tentang bagaimana konspirasi internasional bekerja dalam memasok senjata ke seluruh pelosok negara di dunia.

Saat usianya masih remaja, Yuri sekeluarga bermigrasi dari kampung halamannya di Ukraina (saat masih dikuasai Uni Soviet) untuk mengadu nasib di Amerika Serikat. Bersama wanita yang kelak menjadi istrinya, Ava Fontaine (Bridget Moynahan) ia menetap di lingkungan komunitas imigran, Little Odessa, di kawasan Brighton Beach, New York.
Yuri sungguh beruntung. Saat menginjakkan kaki di Amerika, bisnis perdagangan senjata gelap sedang ramai-ramainya. Bersama sang adik, Vitaly (Jared Leto) ia pun mulai masuk ke dalam sistem perdagangan itu dan meraup keuntungan besar dari transaksi-transaksi yang dilakukannya di berbagai penjuru dunia.

Awalnya, bisnis berjalan dengan lancar. Semua hal dia lakukan dengan bersih, tanpa terlacak dan selalu memuaskan para pelanggannya. Sampai suatu ketika, Uni Soviet runtuh dan terjadilah penyelundupan senjata besar-besaran ke Amerika. Yuri yang punya seorang paman di kemiliteran Ukraina bernama Dmitri, tak menyia-nyiakan kesempatan emas yang bernilai lebih dari US$32 miliar itu.


Tapi, seperti pepatah bisnis... kesempatan selalu berbanding lurus dengan resiko yang akan dihadapi, begitulah yang dialami oleh Yuri. Dia harus menghadapi rekan saingan bisnisnya, Simeon Weisz (Ian Holm) yang berpandangan konservatif, bahwa bisnis harus dilakukan dengan orang-orang yang punya reputasi baik. Tapi prinsip itu tak berlaku bagi Yuri, yang terpenting dalam bisnis adalah yang membawa keuntungan terbesar.
Jadilah ia berbisnis dengan seorang diktator asal Liberia, Afrika, bernama Andre Baptiste (Eamonn Walker) dan anaknya yang juga seorang maniak, Andre Junior (Sammi Rotibi). Yuri tak pernah menyangka kalau keputusan bisnisnya kali ini bisa membawa malapetaka besar bagi karir yang sudah dibangunnya sejak lama. Tak hanya itu, adiknya, Vitaly pun mulai mengalami "paranoid" dan tak lagi menaruh kepercayaan pada Yuri.

Yuri pun semakin diburu masalah, saat seorang agen interpol, Jack Valentine (Ethan Hawke) berhasil mengendus semua tindakan kejahatannya, dan bersiap-siap menjadikan sisa hidup Yuri berakhir sengsara di tahanan.


No comments:

Post a Comment