Monday, September 6, 2010

THE READER

Starring : Kate Winslet, David Kross
Bagi yang suka nonton film yang bertemakan cinta, ini film yang sangat bagus. kisah cinta yang di tampilkanpun sangat unik karena kisah ini berkisahkan seorang pemuda yang jatuh cinta kepada seorang wanita yang jauh lebih tua, nah dari situ pemuda itu banyak mendapat pengalaman yang tidak pernah dia lupakan.

Film ini tentang affair antara anak remaja umur 15 tahun bernama Michael Berg (diperankan David Kross) dengan wanita yang usianya 2 kali usianya bernama Hanna Schmitz (diperankan Kate Winslet). Michael yang jatuh cinta pada Hanna berkali-kali datang ke apartemen Hanna hanya untuk berhubungan intim dengan Hanna. Hanna menginginkan Michael untuk membaca buku untuknya dulu tiap kali mereka hendak ML. Jadilah Michael The Reader bagi Hanna karena Hanna ga mau membaca sendiri buku2 yang dibawakan Michael. Hanna yang pada suatu hari dipromosikan sebagai staff administrasi diperusahaan tempatnya bekerja tiba-tiba saja menghilang dari kehidupan Michael. Michael yang kesepian karena ditinggal Hanna akhirnya kembali melihat Hanna bertahun-tahun kemudian ketika ia menghadiri sebuah persidangan terhadap wanita-wanita yang membiarkan 300 wanita Yahudi tewas terpanggang disebuah gereja. Salah satu terdakwanya adalah Hanna yang ternyata bertugas sebagai salah satu penjaga di camp eksterminasi dimana 10 wanita Yahudi dipilih tiap bulannya untuk digas sampai mati. Hanna mengakui bahwa camp Auschwitz tersebut memang camp exterminasi. Hanna didakwa karena telah membiarkan ratusan wanita tersebut meninggal didalam gereja yang terbakar.

Hanna awalnya ga mengakui kalo report yang udah ada adalah hasil tulisannya, namun akhirnya ia mengakuinya setelah menolak untuk menyediakan sample tulisan tangannya. Hanna pun dihukum seumur idup karena dianggap sebagai terdakwa utama dari peristiwa tersebut, sedangkan wanita2 lain yang ikut menjaga camp itu hanya mendapat hukuman yang lebih ringan.Selama bertahun-tahun, Michael menjadi The Reader bagi Hanna yang ada dalam tahanan dengan cara merekam suaranya sendiri ketika membaca buku2. Hanna yang terpesona pada kisah-kisah yang dikirimkan Michael akhirnya mencoba belajar membaca. Yeah, ternyata Hanna memiliki rahasia terdalam yang ga pernah dia ungkap seumur idupnya, yaitu tentang dirinya yang buta huruf. Perlahan2 ia dapat juga membaca dengan arahan kaset2 kiriman Michael yang ia dengarkan. Hanna mendapat keringanan dan ia akhirnya akan dibebaskan. Michael menemuinya dipenjara dan mengatakan bahwa ia akan membantu Hanna dalam mendapat pekerjaan dan tempat tinggal.Malam sebelum ia dibebaskan, Hanna gantung diri dan ia meninggalkan pesan bagi Michael untuk menyerahkan sejumlah uang yang telah ia tabung pada Ilana, salah satu korban yang selamat dalam peristiwa kebakaran digereja itu. Michael berangkat ke NY untuk menyerahkan uang tersebut pada Ilana namun ia menolaknya. Michael pun berniat akan memberikannya pada lembaga yang bergerak dibidang pemberantasan buta huruf.

Ini film bagus banget dah. Ah ya, awal2 film, yah kira2 1 jam pertama lah.. banyak adegan2 mesum antara Hanna dan Michael. Michael nya jadi The Reader bagi Hanna setiap sebelum mereka ML. Jadi kayaknya untuk yang dibawah 17 tahun, jangan nonton film ini yah.. selamat menonton.



No comments:

Post a Comment