Saturday, February 12, 2011

I, Robot


Film I, Robot merupakan film fiksi ilmiah yang di produksi pada tahun 2004. Film menceritakan tetang kehidupan pada tahun 2035 dimana pada saat itu manusia di seluruh dunia sangat bergantung kepada robot NS 5 yang dimana robot tersebut bertugas menjadi asisten rumah tangga. Kata “I” mempunyai arti Intelligent, Ideal dan Incredible. Film ini menceritakan Robot produk NS 5 yang didalamnya dibekali oleh segala kecanggihan robot yang sudah bisa mendampingi manusia melewati segala tugas hari-hari. Selain itu para robot ini diikat oleh hukum yang melindungi manusia dan membatasi ruang gerak para robot disisi hukum
Film ini bermula tahun 2035 yang dimana tahun tersebut banyak sekali robot yang sudah berkembang dengan pesat dan melakukan pekerjaan seperti manusia detektif Del Spooner ini menjadi satu-satunya orang yang mengendus ketidakberesan para robot, NS 5, yang menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia ditahun 2035.

Setelah Dr. Miles Hogenmiller yang bekerja pada perusahaan U.S Robotics yang dikelola oleh Lance Robertson terbunuh, Spooner mencurigai pelakunya adalah robot NS 5. Namun jalan panjang untuk membuktikannya harus ditempuh dan sayangnya, sedikit yang bercaya dengan apa yang diyakini Spooner. Ia hanya mendapat dukungan Dr Susan Calvin, yang merupakan spesialis psikologi robot.

Yang dikuatirkan dari Spooner adalah para robot punya peluang untuk melakukan tindakan kriminal dan tidak bisa dijerat hukum, dunia terancam akan dikuasai oleh para robot ini, tenyata dugaan Spooner benar terjadi robot NS-5s menjadi pemberontak dan mencoba untuk menguasai perusahaan yang memproduksinya.Spooner menyimpulkan bahwa satu-satunya yang tersisa yang bisa bertanggung jawab adalah Viki yang tidak hanya mengendalikan semua NS-5s tetapi juga mengontrol sebagian infrastruktur Chicago.

Usaha Spooner untuk mengendalikan dan menumpas semua robot pemberontak yaitu dengan menguasai Komputer yang mengendalikan NS-5s. Untuk memimpin pengambilalihan robot global, membenarkan tindakannya dengan menghitung bahwa sedikit manusia akan mati karena pemberontakan daripada jumlah yang mati dari diri manusia bersifat merusak. Viki Lanning menemukan rencana dan Sonny memerintahkan untuk membunuhnya sebagai bagian dari rencana jangka panjang untuk mengalahkan komputer.

Sonny membuktikan kesetiaan kepada umat manusia dengan membantu Spooner dan Calvin melarikan diri Viki’s robot penjaga. Mereka berhasil menghancurkan inti komputer; dibebaskan dari Viki’s kontrol, NS-5s kembali normal dan infrastruktur Chicago diaktifkan kembali. Pemerintah telah semua NS-5’s dinonaktifkan dan disimpan di Danau Michigan situs, tapi film menyiratkan bahwa Sonny mungkin belum menjadi pemimpin robot.

Indowebster

No comments:

Post a Comment